Anabelle Comes Home, sebuah film yang kali ini akan saya ulas setelah lama tidak menulis ulasan film. Paling enggak film ini bakal jadi ‘pemanasan’ sebelum film yang ditunggu-tunggu, Spider-Man: Far From Home yang tayang minggu depan. Ada yang rindu ulasan film saya? Ah, jangankan rindu, ada yang baca aja udah syukur. Hehe.

Cuplikan Trailer Annabelle Comes Home

Sedikit perkenalan, Anabelle Comes Home adalah salah satu film dari franchise Chonjuring dan film ketiganya sejak film Annabelle (2014) dan Anabelle Creation (2017). Bercerita tentang Ed dan Lorraine Warren, sepasang suami istri cenayang yang begitu legendaris pada tahun 1960-an dan sebuah boneka terkutuk yang memiliki kekuatan iblis bernama Annabelle. Film ini diambil dari kisah nyata mereka.

Ed Warren, sang suami meninggal dunia pada tanggal 23 Agustus 2006. Sedangkan istrinya, Lorraine Warren menyusul 13 tahun kemudian, tepatnya tanggal 18 April 2019, beberapa bulan lalu.

Mereka adalah keluarga cenayang yang sangat legendaris karena berhasil mengusir berbagai roh jahat yang menghantui banyak orang pada masa itu. Dari pekerjaan itu terkumpul berbagai benda berhantu, terkutuk dan mengandung kekuatan iblis yang disimpan di ruang bawah tanah rumahnya. Dari semua itu, ada satu yang paling kuat dan menakutkan, yaitu Annabelle.

Sekadar informasi, boneka Annabelle yang sebenarnya adalah jenis boneka Raggedy Ann, jadi bukan seperti yang terlihat pada film. Annabelle yang sebenarnya saat ini sudah disimpan dengan aman dan rapi di museum Occult Connecticut, Amerika Serikat.

Foto Annabelle yang asli
Annabelle yang asli (c) Kumparan.com

Pembuka Film

Film ini dibuka dengan Annabelle yang diambil dari sebuah rumah yang dihantuinya (film tahun 2014). Di tengah perjalanan mereka terpaksa harus memutar jalan karena telah terjadi sebuah kecelakaan yang membuat badan jalan tertutup. Setelah memutar jalan, secara kebetulan mobil mereka mogok tepat di depan pemakaman maryville. Di sana mereka terpaksa harus berhadapanseluruh roh penghuni makam.

Setelah Anabelle berhasil dibawa pulang, mereka kemudian langsung memberkatinya untuk dimasukkan sebuah lemari kaca bertuliskan “Peringatan! Jangan dibuka” agar iblis yang merasuk pada boneka Anabelle tetap terkurung dalam boneka itu.

Bukan kisah Ed dan Lorraine

Cuplikan Trailer Annabelle Comes Home
Cuplikan Trailer Annabelle Comes Home

Bila ada yang menantikan aksi keduanya seperti di film Conjuring yang lain mungkin akan kecewa, pasalnya di film ini mereka hanya tampil sebagai cameo di awal dan akhir film. Pemeran utama dalam film ini adalah Judy Warren yang diperankan oleh Mckenna Grace. Namun yang menarik di film ini adalah kemunculan Judy dengan kemampuan supranatural seperti ibunya.

Beberapa hari sebelum ulang tahun anaknya, Ed dan Lorraine harus keluar kota karena ada urusan lain dan meninggalkan Judy bersama Mary Ellen (diperankan oleh Madison Iseman), seorang pengasuh yang sudah biasa menjaga Judy sejak kecil.

Nahas, akibat dari keusilan seorang teman Mary bernama Daniela Rios (diperankan Katie Sarife), Annabelle berhasil keluar dari kotak kaca tempat ia disimpan dan memanggil semua roh jahat lain untuk ikut menghantui rumah itu. Tujuannya satu, Annabelle menginginkan sebuah jiwa.

Filmnya Kurang Seram

Cuplikan Trailer Annabelle Comes Home
Cuplikan Trailer Annabelle Comes Home

Sederhana saja, tujuan film horor tidak lain adalah untuk menakut-nakuti penontonnya. Tapi sayangnya saya tidak mendapati hal itu. Film ini lebih banyak unsur jumpscare dibanding aura seram. Namun salah satu bagian menariknya adalah adanya beberapa humor ringan di beberapa adegan yang sukses membuat banyak penonton tertawa.

Sebenarnya saya berharap besar pada film ini, terlebih karena film ini adalah salah satu franchise Chonjuring dan film ketiga dari Annabelle. Namun ekspektasi saya mungkin terlalu tinggi, karena sebenarnya film ini juga tidak buruk.

Hal menarik lainnya dalam film ini adalah kemunculan beberapa properti yang telah digunakan pada franchise Conjuring sebelumnya. Seperti beberapa benda, potongan adegan hingga hantunya sendiri.

Meskipun film Annabelle: Comes Home cukup singkat, namun akan ada banyak hantu yang bermunculan. Bahkan semua hantu yang pernah ditangkap oleh Ed dan Lorraine akan kembali menghantui. Ini adalah akibat ulah Daniela yang ‘usil’ setelah memberanikan diri masuk ke ruang penyimpanan. Beberapa di antaranya adalah hantu samurai, Ferry Man hingga hantu gaun pengantin yang memiliki ceritanya masing-masing.

Masih dengan Konflik yang Sederhana

Seperti film Annabelle sebelumnya, Annabelle: Comes Home masih dengan konflik yang sederhana. Cerita sangat ringan dan setting yang sebagian besar berada di rumah dan ruang penyimpanannya. Bagi yang baru pertama kali menonton Annabelle juga jangan khawatir, karena film ini sangat bisa Anda nikmati meski belum tahu Annabelle itu siapa atau apa.

Kesimpulan

nonton Annabelle: Comes Home
tiket nonton sendiri. pesan dari M-TIX. Dapat potongan 50%

Awalnya saya kira akan ada sedikit hubungan film ini dengan film Annabelle yang akan datang dan sedikit misteri yang belum terpecahkan, namun ternyata ini tidak lebih hanya karena keusilan Daniela, teman dari pengasuh Judy. Tidak ada misteri atau hal-hal berat yang membuat kita harus berpikir dalam menonton film ini.

Beberapa nilai lebih pada film ini adalah kemunculan beberapa properti yang pernah ada pada film Conjuring sebelumnya, termasuk beberapa hantu. Dan yang sangat saya apresiasi dalam film ini—nilai lebih yang paling menonjol—adalah karakter setiap tokoh yang begitu menjiwai. Terlepas dari ceritanya yang sangat sederhana, beberapa karakter utama di film ini sukses membuat ceritanya menjadi jauh lebih menarik.

Buat pecinta horor yang penasaran dan ingin menonton, jangan terkecoh dengan ulasan saya. Masih bagus kok film ini. Enggak jelek amat. Hanya saja, ya seperti yang sudah saya jabarkan sebelumnya. Meski memiliki keterkaitan dengan film pertama dan cukup menghibur, tapi ceritanya biasa saja.

Rating pribadi dari saya adalah 6,0/10.

Please follow and like us: