Bagi teman-teman yang biasa berjualan atau berbelanja online, mungkin saya sarankan tidak menggunakan Ninja Xpress jika ingin paket yang dikirim cepat sampai. Ada sedikit pengalaman yang tidak mengenakkan ketika menggunakan jasa ekspedisi ini. Murni pengalaman pribadi saya sendiri.

Perkenalan Ninja Xpress

Ninja Van adalah sebuah jasa ekspedisi yang berdiri pada tahun 2014 dan berpusat di Singapura. Sedangkan Ninja Xpress adalah bagian dari identitas Ninja Van di Indonesia. Selain di Indonesia, Ninja Van tersebar di beberapa negara di Asia Tenggara, di antaranya adalah Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Thailand.

Dengan nama Ninja Xpress di Indonesia, Ninja Van memiliki moto “kirim paket tanpa ribet”. Ninja Xpress sudah tersebar di beberapa daerah di Indonesia, meskipun belum mencakup seluruhnya, di antaranya adalah Jabodetabek, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, Manado, Pulau Bali, Pulau Lombok, Medan, Palembang, Pekanbaru, Padang, Sulawesi Selatan, Lampung, Jambi, Bengkulu, Balikpapan, Samarinda, dan Bajnarmasin Sumber: Website Ninja Xpress).

Awal Menggunakan Ninja Xpress

Ninja Xpress yang tidak ekspres. Saya menyebutnya begitu berdasarkan pengalaman pribadi sebagai pelanggan yang telah dua kali menggunakan jasa ekspedisi ini. Saya tidak bermaksud menjelek-jelekkan atau membuat citra prusahaan ini menjadi buruk, namun ini jujur dari pengalaman pribadi. Setelah kamu membaca artikel ini, cobalah membuka semua akun media sosial Ninja Xpress, di sana banyak sekali komentar komplain dari pelanggan.

Memang benar harga yang ditawarkan sedikit lebih murah dibandingkan dengan jasa ekspedisi lain. Jadi bagi kamu yang tidak masalah dengan paket yang dikirim terlambat (atau kemungkinan paket hilang), bisa menggunakan jasa ekspedisi ini. Sedangkan kamu yang sangat ingin paket cepat sampai sebaiknya menggunakan jasa ekspedisi lain.

Oke, pertama kali saya memakai jasa ekspedisi ini adalah pada akhir tahun 2017 dengan membeli sebuah produk. Dengan imimng-iming gratis ongkos kirim, saya mencoba menggunakan Ninja Xpress untuk berbelanja di Bukalapak. Sekedar informasi, saya sudah sering berbelanja di Bukalapak dan sampai saat ini tidak pernah ada masalah, kecuali ketika menggunakan jasa Ninja Xpress.

Tepatnya tanggal 18 Desember 2017, saya memesan sebuah produk di Bukalapak. Biasanya, menggunakan jasa ekspedisi lain hanya membutuhkan waktu 3-4 hari untuk sampai di rumah. Tapi dengan jasa ekspededisi ini membutuhkan waktu sampai 8 hari, tepatnya tanggal 26 Desember 2017. Cek resi di websitenya pun tidak jelas sudah sampai di mana, hanya tertulis transit di stasiun sortir Jakarta selama berhari-hari. Karena saat itu produknya cukup murah, jadi saya tidak terlalu memikirkannya.

Prediksi saya, mungkin karena kantor Ninja Xpress Lombok hanya ada di Mataram, jadi untuk pengiriman luar Mataram membutuhkan waktu yang lebih lama. Jarak antara Mataram dan Praya—kota tempat saya tinggal—memang sedikitnya 1 jam perjalanan, hal itu yang mungkin membuat kurir sengaja menumpuk paket selama beberapa hari sehingga bisa dikirim bersamaan ke luar kota. Awalnya saya tidak merasa ada masalah sama sekali dengan ekspedisi yang satu ini.

Awal Masalah dengan Ninja Xpress

Hingga akhirnya saya menggunakan Ninja Xpress lagi pada tanggal 29 Mei 2018. Di sini lah terdapat sedikit masalah. Tidak ada daya tarik lain kecuali memang karena di Bukalapak saat itu sedang ada diskon menggunakan Ninja Xpress.

Karena proses pengiriman pertama yang agak lama, saya iseng mencari media sosial Ninja Xpress. Di dua media sosialnya, Twitter dan Facebook, rata-rata komentar dibanjiri oleh para pelanggan yang komplain karena barangnya tak kunjung sampai. Beberapa ada yang komplain karena meskipun menggunakan jasa Ninja Xpress Nex Day—yang seharusnya waktu pengiriman hanya satu hari, namun sudah hampir seminggu paketnya belum juga datang. Padahal masih dalam satu kota.

Dari situ mulai ada rasa was-was, apa barang saya bisa sampai atau tidak? Karena itu saya langsung saja bertanya ke salah satu media sosial mereka. Pertanyaan itu di jawab 3 hari kemudian, karena hari saya bertanya masih hari libur. Adminnya mengatakan bahwa pengiriman dari Jakarta-Lombok membutuhkan waktu 7 hari kerja, jadi di mohon menunggu sampai waktu tersebut. Apabila sudah lewat 7 hari namun paket belum juga diterima dipersilakan untuk bertanya kebali, begitu katanya.

Pengiriman Ninja Xpress
Pemberitahuan waktu pengiriman Jakarta-Lombok

Singkat cerita, saya menunggu 7 hari tapi ternyata paket belum juga datang. Cek nomor resi di websitenya pun percuma, tetap tidak ada perubahan status, “transit di stasiun sortir Jakarta bla bla bla.”

Gambar cek resi ninja xpress
Tidak ada perubahan status di website Ninja Xpress

Dengan instruksi dari admin beberapa hari sebelumnya, saya kembali bertanya melalui email.  Beberapa jam kemudian admin menjawab, katanya paket saya Terindikasi Hilang. Lah, bagaimana bisa? Saya sangat sering melakukan transaksi belanja online, tapi baru kali ini kejadian paket hilang. Jasa ekspedisi seperti apa yang dengan enteng mengatakan paket hilang pada pelanggannya? Beruntung harga paket saya tidak terlalu mahal, lalu bagaimana dengan orang yang berbelanja online dengan harga jutaan rupiah?

Ninja Xpress
Pemberitahuan Paket Terindikasi hilang di gudang

Melaui email itu admin juga mengatakan setidaknya membutuhkan waktu 5×24 jam untuk petugas mencari keberadaan paket saya, jadi nanti saya akan dihubungi melalui telepon ketika paket sudah diketahui keberadaannya. Tapi ternyata ada perbedaan jawaban antara media sosial dan emailnya. Di twitter dan facebook menjawab bahwa butuh waktu maksimal 3×24 jam.

Setelah ini, saya semakin kepo dengan perusahaan jasa ekspedisi ini. Mulai dari awal mula berdiri, FAQ, hingga lokasi kantornya di Mataram. Banyak hal yang saya cari tahu, jaga-jaga seandainya barang saya benar-benar hilang.

Untuk lokasi kantor di Mataram ternyata sudah berubah dengan yang ada di google. Pihak Ninja Xpress tidak melakukan update atau memberi informasi secara jelas mengenai lokasi kantor barunya. Seandainya saya tidak bertanya di twitter, saya juga tidak akan tahu. Kemungkinan salah alamat seperti ini bukan hanya di Lombok.

Ninja Xpress lalai
Lokasi Ninja Xpress Mataram asli berbeda dengan keterangan di Google Map

Selain itu, dikatakan bahwa jika barang hilang saat proses pengiriman, Ninja Xpress akan mengganti maksimal sebesar 10x ongkos kirim. Ada juga aturan-aturan terkait proses pengiriman di san, kamu yang penasaran bisa langsung mengunjungi situsnya.

Ninja Xpress bertanggung jawab
Jika paket hilang, Ninja Xpress akan mengganti

Setelah menunggu 2 hari saya kembali bertanya via email, dan jawabannya ternyata masih sama, paket terindikasi hilang dan belum ada tanda-tanda ditemukan. Saya sudah pasrah saat itu, mungkin sudah nasibnya paket itu hilang.

Paket hilang di Gudang Ninja Xpress
Dikatakan paket masih dilacak keberadaannya dua hari kemudian

Tapi keesokan harinya ternyata ada kurir yang mengaku dari Ninja Xpress melepon saya. Saya pikir itu karena paket saya yang hilang di gudang Ninja Xpress Jakarta sudah ditemukan. Tapi ternyata kurir itu bertanya alamat rumah saya karena ingin mengantar paket. Setelah beberapa jam berlalu ternyata benar saja, paket tiba di rumah dengan selamat. Dengan datangnya paket saya, itu artinya barangnya tidak hilang!

Lalu bagaimana kelanjutannya? Ya begitu saja, saya seperti merasa dikerjai oleh admin Ninja Xpress. Dia mengatakan kalau paket terindikasi hilang, padahal waktu itu sepertinya paket sudah sampai di Mataram, hanya saja belum diantar oleh kurir.

Tidak ada koordinasi yang baik antara petugas lapangan dan petugas di kantor, seperti miss komunikasi. Untuk paket saya mungkin tidak hilang, hanya saja sistem di website dan koordinasi admin dan kurir harus lebih ditingkatkan. Bagaimana bisa dipercaya kalau masih seperti ini terus?

Ini untuk kasus saya pribadi, bagaimana dengan kasus pelanggan lain yang saya sebutkan tadi? Entahlah, yang jelas banyak sekali yang komplain. Kamu bisa melihatnya sendiri di twitter dan facebook Ninja Xpress. Ninja Xpress yang tidak ekspres, begitu saya menyebutnya.

Seperti namanya, Ninja, seharusnya Ninja bekerja cepat dan efisien. Tapi ini sama sekali tidak begitu, selain waktu yang lama dalam proses pengiriman, kurir dan admin sama sekali tidak ada koordinasi. Jadi tidak ada kejelasan pasti mengenai kapan paket bisa benar-benar sampai. Tidak akurat.

Kalau kamu bagaimana? Ada yang pernah menggunakan Ninja Xpress? Mungkin bisa share pengalamanmu di kolom komentar.

Please follow and like us: