Asian Games 2018 sudah dimulai, berbagai cabang olahraga sudah mulai dipertandingkan. Jakarta dan Palembang telah siap menjadi saksi sejarah berlangsungnya pesta olahraga terbesar se-Asia ini.

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa selain Stadion Utama Gelora Bung Karno, banyak venue Asian Games 2018 yang menelan biaya milyaran dan bertaraf internasional, bahkan diklaim menjadi yang terbaik di Asia dan Dunia. Bagaimana penampakannya? Yuk, kita intip.

  1. Stadion Utama Gelora Bung Karno

Gelora Bung Karno yang saat ini ada sangat jauh berbeda fasilitasnya dibandingkan GBK dulu. Dengan biaya renovasi yang menelan angka 770 Milyar, berbagai fasilitas canggih kini melengkapi Stadion Utama tersebut. Stadion juga diklaim menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Salah satu yang paling berbeda adalah kursi penonton yang sebelumnya memanjang kini diubah menjadi single seat. Penataannya juga diatur secara detail sehingga ketika dilihat dari udara, kursi penonton yang berjejer akan terlihat seperti bendera Indonesia yang berkibar. Meskipun begitu, perubahan jenis kursi ini mengakibatkan kapasitas penonton berkurang.

Selain itu, ada fasilitas canggih lain seperti sistem deteksi wajah pada kurang lebih 7 ribu CCTV yang terpasang. Rumputnya juga telah diganti dengan jenis terbaik, yaitu Zoysia Matrella. Sistem pencahayaan, papan skor digital, hingga sound system terbaik melengkapi kemewahan stadion terbesar di Indonesia ini.

  1. Aquatic Centre

Aquatic Centre diklaim sebagai kolam renang terbaik di dunia. Sebagai salah satu venue penting yang digunakan di Asian Games 2018, sudah seharusnya arena ini dipersiapkan dengan matang. Berbagai fasilitas canggih melengkapi venue ini pasca renovasi.

Beberapa fasilitas diantaranya adalah adanya 3 ribu kursi penonton beserta tribun teleskopik, ruang pers, dan broadcasting. Konsep stadion ini juga dirancang terbuka sebagian, hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya karat. Keunggulan lainnya adalah kolam renang di Aquatic Centre telah mendapat sertifikat dari Federasi Renang Internasional (FINA) di China.

  1. Arena Pacuan Kuda Pulomas

Memiliki kualitas bertaraf internasional, Jakarta International Equestrian Park (JIEP) ini berdiri di atas tanah seluas 35,25 hektar. Desain yang sangat ikonik menjadi daya tarik penonton dan atlet yang bertanding.

Fasilitas yang melengkapi arena ini diantaranya adalah tribun penonton yang mampu menampung seribu penonton di luar lapangan dan sekitar 500 orang untuk kelas VIP dan VVIP. Selain itu, ada beberapa fasilitas yang berstandar internasional seperti klinik yang dilengkapi dengan mesin sinar x, ultrasonography (USG) dan mesin tes darah untuk setiap kuda. Yang jelas, kuda yang akan bertanding akan benar-benar dimanjakan di sini.

  1. Jakarta International Velodrome

Venue Asian Games yang satu ini digunakan untuk cabang olahraga balap sepeda. Berbagai sarana modern melengkapi arena balap sepeda berstandar internasional ini. Bahkan dari luar saja sudah terlihat bagaimana megahnya arena balap ini.

Diklaim menjadi yang terbaik di Asia dan mendapatkan sertifikat dari Persatuan Sepeda Internasional (UCI), venue ini dilengkapi berbagai fasilitas seperti penunjang difabel, pendingin udara keamanan, dan fasilitas penunjang atlet lainnya. Dengan mengusung tema eco stadium yang ramah lingkungan, JIV menelan anggaran sebesar 650 miliar rupiah.

Nah, itu kemewahan 4 venue Asian Games 2018. Mana yang menurutmu terbaik? Yuk, datang dan saksikan atlet-atlet kebanggan Indonesia.

Please follow and like us: