Meja Kerja (c) hipwee.com
Beragam alat tulis yang berserakan di sudut meja, kertas-kertas yang harus di periksa ulang dan di revisi terpencar, hingga posisi papan layar komputer dan keyboard yang tidak berhadapan sering kali membuat kesan bahwa pengguna meja kerja tersebut adalah orang yang malas untuk berkerja. Sebaliknya, kerapihan kerap dikaitkan dengan keteraturan yang terkontrol. Namun ternyata, terdapat beberapa fakta menarik dibalik meja kerja berantakan yang juga dapat menggambarkan bagaimana sosok Anda sesungguhnya. 
Menurunkan tekanan kerja 
Meja kerja yang berantakan akan membuat Anda merasa bahwa sebuah proyek besar baru saja selesai dilakukan. Sehingga akan ada perasaan bangga pada diri sendiri yang juga memicu rasa percaya kalau Anda dapat melakukan proyek besar lainnya dengan lebih produktif, semudah melakukan pekerjaan sebelumnya. Alat tulis yang berantakan sebenarnya dapat mewakili bagaimana Anda ingin meraih posisi terdekat untuk penggunaan yang lebih sering daripada alat tulis lainnya yang sering kali tanpa Anda sadari terdorong hingga sudut meja.
 
Menunjukkan bahwa pekerjaan Anda sudah setengah berjalan 
Saat memulai pekerjaan, situasi meja kerja pastilah masih dalam keadaan tertata rapi dan teratur. Semua dapat berubah jika Anda sudah melakukan sebagian besar dari pekerjaan hari itu, mulai dari kehadiran tumpukan dokumen yang masih harus diperiksa hingga segelas kopi untuk membuat Anda tetap terjaga dari rasa kantuk. Kondisi meja berantakan memang terkesan ruwet namun dapat menghasilkan sebuah pola serupa timeline kalau Anda hanya perlu menyelesaikan sedikit lagi pekerjaan yang tersisa.
 
Kreativitas meningkat pesat 
Menurut para peneliti di Universitas Minnesota orang-orang yang berada di lingkungan tertib terdorong melakukan kebiasaan dan cenderung bermain aman. Ketika Anda melakukan pekerjaan  pada meja kerja yang berantakan, otak akan terlatih untuk berpikir out of the box melalui berbagai cara. Kreativitas hingga efisiensi muncul melalui pendekatan pemecahan masalah. Seperti saat Anda berusaha mencari benda yang terselip dan tanpa sadar memindahkan benda lainnya yang memang jarang digunakan dengan meletakkannya lebih jauh dari jangkauan.

Please follow and like us: