Operasi merupakan salah satu tindakan medis besar untuk mengatasi gangguan kesehatan pada tubuh. Banyak orang yang pasrah menjalani operasi tanpa persiapan tertentu. Padahal banyak hal yang harus dipersiapkan untuk mendukung kelancaran operasi.
Soal masalah asuransi kesehatan, Anda pasti mempercayakannya melalui Futuready.com. Futuready adalah supermarket asuransi terpercaya yang menyiapkan banyak pilihan asuransi kesehatan berkualitas. Proses klaim bisa dilakukan secara mudah bila Anda mengandalkan asuransi yang terbukti berkualitas.
Selain persiapan klaim asuransi, beberapa persiapan penting ini juga tidak boleh luput dari perhatian Anda.
Olahraga Ringan Sebelum Operasi
Kalau kondisi fisik Anda memungkinkan, sebaiknya Anda mulai rutin melakukan olahraga ringan beberapa minggu sebelum operasi. Olahraga ringan secara teratur akan membantu memperlancar peredaran darah. Sel-sel tubuh akan mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen yang cukup pasca operasi. Sehingga proses penyembuhan akan berlangsung lebih cepat.
Menghentikan Konsumsi Obat Tertentu
Ada beberapa jenis obat yang konsumsinya harus dihentikan menjelang operasi. Salah satunya adalah obat pengencer darah. Karena kondisi darah yang terlalu encer dapat menyebabkan perdarahan ketika operasi. Metabolisme tubuh harus berlangsung denan wajar supaya proses operasi tidak menyebabkan komplikasi penyakit tertentu.
Mengonsumsi Aneka Makanan Bergizi
Tubuh harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup menjelang operasi. Agar sel-sel tubuh menjadi lebih sehat dan siap melakukan regenerasi pasca operasi. Anda harus membatasi konsumsi kalori dengan jumlah seimbang. Jangan lupa pula untuk mengonsumsi bahan makanan yang mengandung protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat. Karena bahan makanan yang kaya gizi akan membuat daya tahan tubuh Anda senantiasa baik.
Membersihkan Diri dengan Sabun Antiseptik
Beberapa jam sebelum menjalani operasi, alangkah lebih baik kalau Anda membersihkan diri dengan sabun antiseptik. Hal sepele ini sangat penting untuk meminimalkan mikroorganisme penyebab penyakit yang menempel pada kulit. Jangan sampai mikroorganisme tersebut masuk ke dalam tubuh melalui luka dan menyebabkan infeksi serius. Anda mesti menjalani operasi dengan kondisi tubuh yang bersih.
Anda tak perlu merasa takut berlebihan ketika harus menjalani operasi medis. Jalani operasi dengan tenang agar kondisi kesehatan Anda lekas pulih. Operasi akan membuat kondisi tubuh Anda kembali fit dan bebas dari penyakit yang selama ini terasa mengganggu.
Please follow and like us: