Seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, penggunaan HP (handphone), smartphone, maupun gadget sejenisnya, terus mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan HP yang telah dianggap sebagai barang yang tidak terlalu mewah tersebut memiliki fungsi besar dalam mempermudah pekerjaan manusia. Namun, siapa sangka bahwa ternyata HP dapat membahayakan kesehatan manusia? Bahaya tersebut berasal dari radiasi atau gelombang elektromagnetik yang terpancar dari HP yang berakibat buruk jika terus terpapar pada tubuh manusia. Simak beberapa bahaya radiasi HP terhadap kesehatan berikut ini!

1.    Menyebabkan kerusakan pada DNA
Berdasarkan penemuan para ilmuwan yang dikepalai oleh Dr. Carlo, bahaya radiasi HP dapat berdampak buruk pada DNA manusia, yang antara lain meliputi risiko kerusakan DNA, gangguan perbaikan pada DNA, hingga mengganggu jantung.
2.    Penyebab kanker otak

Gambar Kangker Otak
Bahaya Kangker Otak (c) kita-sehat.net

Ketika HP diletakkan di telinga saat digunakan untuk menelpon, bahaya radiasi HP akan sampai pada otak. Apabila hal tersebut berlangsung dalam jangka waktu lama dan berulang, maka radiasi HP yang setara dengan zat berbahaya seperti karbonmonoksida, timbal, dan kloroform tersebut, akan meningkatkan glioma pada otak dan memicu timbulnya kanker otak jenis akustik neuroma.
3.    Mengakibatkan pikun atau sering lupa

Gambar Gampang Lupa
Pelupa (c) vemale.com


Masih perihal HP yang digunakan untuk menelpon dan diletakkan di telinga secara terus-menerus sehingga radiasi HP sampai pada otak, maka akan berisiko mengganggu daya ingat seseorang, terutama pada anak-anak karena otak pada usia anak masih mengalami tahap perkembangan.

4.    Gangguan psikologis
Gangguan psikologis akibat bahaya radiasi HP meliputi gangguan perhatian defisit, autisme, penyakit neurodegenerative, hingga masalah perilaku. Hal ini dapat terjadi karena radiasi HP mampu mengakibatkan disfungsi otak hingga mengakibatkan tumor.
5.    Kemandulan pada pria  
Kemandulan pada pria dapat terjadi akibat bahaya radiasi HP ketika HP diletakkan dalam saku celana. Kemandulan terjadi karena menurunnya jumlah produksi sperma hingga berkurangnya kualitas sperma.
6.    Mengganggu janin pada ibu hamil

Bagi ibu hamil yang sering mengoperasikan HP di dekat rahim seperti dengan memangku ataupun mengantongi HP maka akan berisiko mengalami gangguan pada janin yang dikandung. Bahaya radiasi HP tersebut akan mempengaruhi perkembangan otak pada janin hingga menyebabkan gangguan berupa kerusakan sel pada rahim sehingga berpeluang besar mengalami keguguran ketika janin berusia 2 hingga 3 bulan.

7.    Mengakibatkan kanker payudara 
Bahaya fatal lainnya dari radiasi HP dapat pula terjadi ketika HP diletakkan dalam saku baju di sekitar dada baik pada wanita maupun pria. Paparan radiasi microwave dari HP tersebut kemudian dapat mengembangkan pertumbuhan sel kanker dengan cara memasuki jaringan-jaringan lemak yang ada pada payudara.

Demikian beberapa contoh bahaya radiasi HP yang sangat fatal bagi kesehatan manusia. Untuk mengurangi risiko fatal tersebut, hendaknya Anda mulai membatasi penggunaan HP. Selain itu, gunakanlah earphone atau headset ketika menelpon dan perhatikan pula tempat Anda meletakkan HP agar tidak berdekatan dengan organ-organ penting pada tubuh Anda.

Please follow and like us: